Bersandar pada Kesadaran


Aku tertegun ketika melihatnya tertunduk…

Ya Allah… dia menangis…

Aku jadi bingung…

Apa salahku sehingga dia menangis di depanku??

Apakah ada kata-kata atau tingah laku ku yang menggores hatinya???

Didalam kebingunganku, ia mengangkat kepalanya, lalu menoleh kearahku..

Akupun menatap matanya… Mencoba melukiskan perasaannya didalam pikiranku…

Bibirnya bergerak mengucapkan kalimat demi kalimat yang membuatku berpikir ulang tentang sebuah ukhwah islamiah.. kalimat demi kalimat yang mampu mengubah paradigma berpikirku tentang arti persahabatan.

“bang, ane sungguh merasa bersalah ketika orang yg ane anggap abang sendiri,

Tapi tak tahu bahwa hari ini adalah hari ulang tahunnya.

Padahal td antum ane telepon,

Tp tak satu pun kata yg keluar tentang ucapan selamat kepadamu..

Pantaskah ane jd adik antum???

Ane malu bang,,

Masih teringat jelas ketika antum tersenyum ikhlas ketika menyambut ane pertama kali menginjakkan kaki di dunia dakwah ini…

Hhh… begitu egois diri ini…

Afwan jiddan bg…”

Air mata itu mengalir sejadi-jadinya. Kepalanya tertunduk malu, dan matanya pun tak mampu lagi menatapku.

***

Mungkin dimata kalian, ini bukan masalah, hanya karena lupa mengucapkan selamat ulang tahun.

Tapi bagiku, ini masalah sederhana yang berefek luar biasa bagiku. Merubah pandanganku tentang sebuah ukhwah. Mencintai sesama muslim dengan dasar kecintaan kepada Allah…

Seharusnya aku malah berterimakasih kepadanya, ucapan selamat yang dikemasnya secara luar biasa membuatku terbangun dari tidurku.

Menerima kenyataan bahwa Rasulullah pun membutuhkan sahabat untuk berdakwah… bahwa orang tua kita membutuhkan anak-anak yang saleh untuk bisa mengecap syurga Allah…

Apalagi kita…???

Jazakallah akhi,,, antum menyadarkan ane ttg pentingnya sebuah makna dari “ukhwah islamiah”

:’)

1 komentar:

Lia Handayani (LiandaTazma) mengatakan...

‎"Tapi bagiku, ini masalah sederhana yang berefek luar biasa bagiku..."

setuju dengan kata ini menanggapi tulisan mu....

kadang hal tersebut bisa membuat kita tau, seberapa besar orang orang dibelakang kita menyadari adanya diri kita.....

Posting Komentar